John Maple

TIPS N TRIK DALAM MEMBUAT SURAT LAMARAN

Posted on: 19 November 2009


Jaman sekarang cari kerja semakin susah dan persaingan dalam bidang pekerjaan sangatlah ketat sekali. Banyak sekali rekan rekan pada gugur dalam cara pembuatan surat lamaran atau dalam membuat Daftar Riwayat Hidup(CV). Saya juga pernah ngalamin sendiri. Bahkan saya sampai berfikir kenapa setiap saya mengirimkan surat lamaran, saya tidak pernah dipanggil. Karena surat lamaran saya? Atau karena daftar riwayat hidup say?. Saya mulai bingung harus bagaimana lagi supaya saya bisa dipanggil untuk dapat memenuhi pekerjaan yang sekiranya masuk dalam kriteria skill saya. Hingga suatu saat saya menemukan sebuah ide brilian yang tak saya sangka sebelumnya. Dalam pembuatan surat lamaran penting untuk diketahui, padahal ini sangat sepele sekali namun ini juga bisa jadi fatal kalau tidak diketahui. Jika anda ingin mendpatkan sebuah hal yang anda inginkan, maka kejarlah keinginan itu. Kalau masih dalam keinginan yang positif dan mampu mengembalikan semangat anda karena sudah berkali kali ditolak oleh semua perusahaan.

Nah sekarang saya punya tips bagaimana membuat surat lamaran yang baik dan bisa dijamin anda akan mendapatkan panggilan dari perusahaan yang anda lamar tersebut. Berikut tipsnya.

1. IMPRESIF
Menampilkan jati diri anda secara menarik. Yaitu surat lamaran anda, harus menarik yang sekirannya bisa menampilkan jati diri anda sendiri. Anda harus pandai dalam pebuatan kosa kata anda sehingga sebuah perusahan tertarik pada anda. Jika suatu perusahaan sudah suka pada surat lamaran anda, anda akan diprioritaskan untuk melanjutkan test berikutnya.
2. Menggunakan bahasa yang baik, singkat, ringkas dan kalimat yang efektif.
Yaitu bahasa yang anda pakai dalam surat lamaran harus singkat jadi bisa meringkas maksud dan tujuan anda. Kalimat yang digunakan harus efektif. Tidak terlalu bertele tele atau terlalu banyak kosa kata yang diulang. Disini surat lamaran akan dinilai juga oleh sebuah perusahaan.
3. Kerapian
Kerapian dalam surat lamaran juga sangat berpengaruh. Jika surat lamaran anda banyak yang salah kemudian anda tulis dengan tangan atau ditempeli kertas supaya tidak kelihatan. Jika surat lamaran itu ada yang salah maka gantilah. Karena kerapian dalam surat lamaran juga akan menampilkan jati diri anda sendir.
4. Posisi yang akan dilamar
Jangan lupa kalau menulis surat lamaran harus disertai posisi yang akan dilamar. Karena suatu perusahaan akan menerima pegawai/karyawan baru dengan maksud dan tujuan yang jelas. Kalau anda bikin surat lamaran kemudian tidak anda sertai posisi yang dilamar maka perusahaan akan bingung dan akhirnya anda tidak dipanggil untuk melanjutkan test selanjutnnya.

Sekarang saya sudah berbagi ilmu dengan anda, sekarang tinggal bagaimana anda untuk menindak lanjuti ilmu saya atau tidak. Yang perlu saya tekankan dalam surat lamaran adalah bagaimana kita menulis sebuah surat yang ditujukan kepada suatu perusahaan yang akan kita lamar tersebut. Tapi ada satu catatan penting untuk anda, yaitu kita membuat suatu surat lamaran tak hanya sekedar membuat saja. Tapi disitu dapat kita lihat keseriusan seorang pencari keraja (CANAKER). Kita bikin suatu surat lamaran juga melihat perusahaan yang kita lamar. Keseriusan dalam membuat surat lamaran juga diperlukan. Maka perbaikilah surat lamaran anda supaya anda dapat diterima di perusahaan yang anda inginkan. Saya percaya kalau anda ingin pekerjaan yang mapan. Bekerja di perusahaan yang terkemuka di dunia industri mungkin cita cita anda. Jika anda ingin meraih cita cita tersebut maka anda harus mulai dari sekarang untuk menentukan masa depan anda. SELAMAT MONCOBA DAN SEMOGA SUKSES!!

CONTOH SURAT LAMARAN

2 Tanggapan to "TIPS N TRIK DALAM MEMBUAT SURAT LAMARAN"

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Wah, blognya sudah sangat bagus sekali ya mas? Baru buat ya? Tapi saya lihat-lihat sudah sangat mantap.

Mas, saya boleh kan kasih tips untuk blog anda?

1. Kalo bisa di upayakan isinya jangan hasil copyan sepenuhnya mas, kerena akan mendapatkan posisi rendah di google. Karena ternyata si mbah google itu sangat teliti loch mas, biasanya dia itu tahu aja kalo content kita hasil copyan.

2. Usahakan dalam setiap postingannya agar diperhatikan pengejaannya, jangan sampai ada yang salah. Sebab dalam hal yang satu ini mesin pencari seperti google juga kurang menyukainya.

Semoga bermanfaat ya mas komentar saya. Yakin dech, asalkan kita yakin dan mau terus berbuat kita pasti bisa maju kok.

Oh ya, terakhir mas, jika anda mau memilih-milih thema untuk blog anda silahkan klik disini: http://www.bambangirwanto.com/bisnis-internet/theme-wordpress-yang-cocok-untuk-blog-anda/

Semoga komentar saya bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua…

Wa’alaikumsalam wr.wb
Ni sebenarnya sudah lama sekali pak, ya tidak begitu lama sih pak. terima kasih atas komentarnya pak, semoga komentar anda bisa semakin membangun blog saya.

Tinggalkan Balasan

Contact Person

Jhon Maple

Juni Eko Kuncoro 085725476726

jek.100webspace.net

Daftar Pengunjung

Visitor

free counters

Patner

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service
ilmuwebsite.com
ilmuwebsite.com

tutorial ilmu grafis indonesia
ilmugrafis indonesia

Info-Berita Cas Cus

O’clock

Calender Hijriah

favorit

RSS Olah raga

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Berita Terkini

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Detik.com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Sekilas info

RSS Selebrity Info

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kalender

November 2009
S S R K J S M
« Jun   Des »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya

